Jakarta, Minum teh selama ini dipercaya berguna untuk kesehatan. Namun apakah Anda tahu apa saja manfaat kesehatan yang didapat ketika minum teh?

Dr Aaron E. Carrol dari Indiana University mengatakan bahwa seperti kopi, teh juga memiliki pro-kontra di bidang kesehatan. Dalam kolomnya di NY Times Dr Aaron mengatakan bahwa tak seperti kopi, teh lebih diterima dengan baik oleh masyarakat sebagai minuman kesehatan.


Di Indonesia, teh merupakan salah satuminuman favorit dalam jamuan makan hingga sekadar menjadi teman kudapan saat bersantai. Dalam klasifikasinya, teh dibagi menjadi 4 kelompok yaitu teh hitam, teh oolong, teh hijau dan teh putih.

Berbagai penelitian menyebut teh memiliki kandungan antioksidan yang bernama katekin. Pada daun teh yang segar, kadar katekin bisa mencapai 30 persen dari berat daun kering. Teh hijau dan teh putih memiliki kandungan katekin yang cukup tinggi, tetapi teh hitam mengandung lebih sedikit katekin karena katekin hilang dalam proses oksidasi.

Dikutip dari New York Times, Selasa (6/9/2015), minum 3 gelas teh per hari dikatakan dapat menurunkan tingkat depresi hingga 37 persen. Pernyataan ini diambil berdasarkan 11 penelitian pada 2015 dengan 23.000 peserta.

Kemudian penelitian lainnya di Hongkong mengatakan kandungan zat kimia pada teh dapat mencegah dan mengobati esteoporosisi. Epigallocatechin (EGC) yang merupakan salah satu komponen utama dari teh hijau tenyata mampu meningkatkan aktifitas enzim pada tulang sehingga mendorong tingkat pertumbuhan tulang hingga 79%. Selain itu EGC juga meningkatkan mineralisasi tulang (memperkuat tulang).

Meta-analisis pada 22 studi lainnya mengenai teh juga mengatakan teh bermanfaat bagi eksehatan. Minum teh sebanyak 3 cangkir sehari dikaitkan dengan penurunan penyakit jantung koroner, pendarahan intraserebral, kanker, dan kematian tiba-tiba.

Meski banyak manfaat, jangan asal minum ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama hindari meminum teh setelah makan. Minum teh setelah makan dapat menggangu penyerapan zat besi yang dikonsumsi dalam makanan. Sebaiknya, teh diminum kurang lebih 2 jam sebelum atau sesudah makan.

Kedua, disarankan juga untuk tidak meminum teh yang terlalu kental atau hitam. Teh yang terlalu kentan atau hitam memiliki sifat diuretik yang tinggi sehingga buang air kecil akan lebih sering dan tubuh sering merasa haus, bahkan dapat menyebabkan dehidrasi.

 

http://health.detik.com/read/2015/10/06/200502/3037643/763/ragam-manfaat-minum-teh-bagi-kesehatan-manusia

SEMINAR AWAM “AYO INDONESIA TANGKAL KOLESTROL TINGGI”

 

Alhamdulilah pada Hari Sabtu tanggal 23 Juli 2016 RS. Bogor Medical Center bekerja sama dengan PT. Kalbe telah melaksanakan Seminar Awam di Function Room RS. Bogor Medical Center dengan tema “Ayo Indonesia Tangkal Kolestrol Tinggi” Seminar di mulai pukul 08.00 selesai pukul 13.00.

Seminar di isi dengan acara cek kesehatan, senam bersama, talkshow kesehatan dan demo masak. Talkshow kesehatan di isi oleh pembicara salah satu dokter RS. Bogor Medical center yaitu dr. Imelda Goretti, M. Gizi, SpGK dengan tema pokok bahasan “Nutrisi Tepat Atasi Kolestrol Dan Risiko Kardiovaskular” dan Sri Rahmi A. Amg, RD dengan tema pokok bahasan “Tangkal Kolestrol Tinggi” dan dilanjutkan dengan Demo Masak. Berikut isi pokok bahasan materi;

 

“Nutrisi Tepat Atasi Kolestrol Dan Risiko Kardiovaskular”

 

Kolesterol adalah zat lilin seperti lemak yang ditemukan pada pembuluh darah dan semua sel tubuh. Kolestrol dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. Selain itu kolestrol memproduksi vitamin D sejumlah hormon dan asam empedu untuk mecerna lemak. Sebenarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal.

Di dalam darah, kolesterol dibawa oleh protein. Gabungan keduanya disebut dengan lipoprotein. Dua jenis utama lipoprotein adalah lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) yang biasa disebut dengan kolesterol jahat dan lipoprotein dengan kepadatan tinggi (HDL) yang biasa disebut dengan kolesterol baik. LDL bertugas mengangkut kolesterol dari organ hati ke sel-sel yang membutuhkan. Namun jika jumlah kolesterol tersebut melebihi kebutuhan, maka dapat mengendap pada dinding-dinding arteri dan menyebabkan penyakit.

Di lain sisi, HDL, sebagai kebalikan dari LDL, bertugas mengangkut kolesterol kembali ke dalam organ hati. Di dalam hati, kolesterol akan dihancurkan atau dikeluarkan oleh tubuh melalui kotoran.Kadar kolesterol dalam darah yang disarankan bisa bervariasi, tergantung apakah orang tersebut memiliki risiko lebih tinggi atau lebih rendah untuk terkena penyakit pembuluh arteri. Jumlah kolesterol dalam darah bisa diukur dengan melakukan tes darah.

         Ketika kolesterol berlebihan mengendap pada dinding arteri, maka aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya bisa terhambat. Dengan kata lain, kolesterol tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena penyempitan arteri atau aterosklerosis, penggumpalan darah di bagian-bagian tubuh tertentu, stroke ringan, stroke, dan serangan jantung.

         Kadar kolesterol yang tinggi juga dapat menyebabkan rasa sakit di dada bagian depan atau pada lengan (angina) ketika seseorang mengalami stres atau melakukan kegiatan fisik yang berat. Selain itu, kolesterol tinggi juga meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung koroner.

         Jika tidak mengubah pola makan dan tidak berhenti merokok, penderita kolesterol tinggi akan lebih berisiko terkena stroke atau penyakit jantung. Pada rokok ditemukan sebuah zat kimia yang disebut akrolein. Zat ini dapat menghentikan aktivitas kolesterol baik atau HDL untuk mengangkut timbunan lemak menuju hati. Akibatnya bisa terjadi penyempitan arteri atau aterosklerosis.

          Gaya hidup sehat sangat diperlukan dalam mengani kondisi kolesterol tinggi. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang adalah salah satu langkah utama yang bisa dilakukan dalam mencegah atau menurunkan kadar kolesterol. Kandungan lemak dalam makanan harus rendah. Cobalah ganti konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dengan buah-buahan dan sayur-sayuran, serta biji-bijian utuh (misalnya roti gandum utuh). Dengan begitu, kadar kolesterol dalam tubuh akan tetap rendah. Selain diet sehat, segera mulai melakukan olah raga secara rutin dan turunkan berat badan bagi yang mengalami kelebihan berat badan. Tidak kalah penting, hindari merokok.

 

 

Kemudian dilanjutkan talkshow kesehatan dan demo masak oleh Sri Rahmi, Amg yang bertema “Tangkal Kolestrol Tinggi” dalam talkshow dan demo masak. Kali ini membahas tentang bagaimana cara menangkal kolesterol tinggi, antara lain;

1.      MENGETAHUI KADAR KOLESTROL

Umumnya dokter menyarankan agar kadar kolestrol total Anda di bawah 200 mg/dl, dengan kadar LDL (kolestrol jahat) di bawah angka 130, dan HDL (kolestrol baik) berada di atas angka 40.

2.      MENJAGA KESEIMBANGAN BERAT BADAN

Mengurangi berat badan yang berlebih merupakan salah satu cara untuk mengendalikan kadar kolestrol dalam darah. Penelitian juga menunjukkan bahwa berat badan yang berlebih dapat mengganggu proses metabolisme tubuh dalam menghancurkan lemak.Meskipun Anda hanya mengkonsumsi sedikit lemak, tidak berarti penurunan kadar kolesterol akan segera terlihat. Dalam hal ini Anda perlu mengurangi sekitar  berat badan agar bisa memperbaiki kadar kolestrol.

3.      AKTIFITAS FISIK RUTIN

Salah satu cara untuk mengendalikan kadar kolesterol adalah dengan berolah raga secara rutin. Jalan kaki atau jenis-jenis olah raga ringan lainnya yang dilakukan secara rutin akan membantu meningkatkan kadar HDL. Pastikan bahwa Anda berolah raga selama 30 menit dalam sehari dan lima hari dalam seminggu.

4.      BERKENALAN DENGAN LEMAK BAIK

Jika telah terdiagnosa memiliki kadar kolestrol tinggi, biasanya Anda disarankan untuk menurunkan konsumsi lemak. Sebaiknya Anda mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, seperti selai kacang, avokad, minyak zaitun dan kanola, serta kacang-kacangan.

5.      POLA MAKAN YANG BENAR

Tingkat kolesterol dapat diturunkan dengan mengikuti pola makan yang sehat dan benar. Kurangilah konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan minyak seperti goreng-gorengan, jeroan, bebek, kulit, sosis, hamburger, kepiting, udang, cumi, margarin, mentega, kuning telur, susu berlemak dan keju.

 

 

 

DEMO MASAK

 

  1. BEEF TOMATO GRATIN
  2. BANANA SNACK BAR
  3. PUDDING LAPIS BENECOL

 

 

RESEP

BEEF TOMATO GRATIN

Untuk 6 Porsi / Waktu Persiapan 20 Menit / Waktu Memasak 15 Menit

BAHAN:

Daging Giling             200 gr

Tomat Merah               3 buah besar à belah menjadi 2 , buang biji

Tomat Merah               200 gr à buang biji, cincang kasar

Saus Tomat                 4 sdm

Saus Sambal                2 sdm

Bawang Bombay        50 gr à cincang halus

Bawang Putih             2 siung à cincang halus

Oregano                      1 sdt

Gula Pasir                    1 sdm

Garam       Secukupnya

Lada                            Secukupnya

Air                               200 ml

Minyak Canola            2 sdm

Peterseli                       Secukupnya à  untuk garnish

 

CARA MEMBUAT :

Panaskan minyakà tumis bawang bombay sampai harum dan layu

Masukan daging giling, tambahkan air ,aduk rata hingga berubah warna

Masukan tomat cincang, tambahkan saus tomat, saus sambal,oregano, bay leaf, lada, garam, aduk rata à masak hingga masak dan mengental à angkat

Masukan daging bolognaise kedalam tomat

Panggang selama 10 menit

Garnish dengan peterseli

Sajikan

 

NILAI GIZI PERSAJI:

Kalori              : 110.6 kkal

Protein             : 10.43 gr

Lemak             : 6.45 gr

Karbohidrat     : 2.55 gr

 

 

BANANA SNACK BAR

Untuk 5 Porsi / Waktu Persiapan 15 Menit / Waktu Memasak 30 Menit

BAHAN :                                                                               NILAI GIZI:

Kelapa Parut               50 gr à disangrai                               Kalori              : 93.378 kkal

Kismis                         25 gr à cincang kasar                        Protein             : 1.986 gr        

Kenari                         10 gr à cincang kasar                        Lemak             : 1.84 gr

Pisang Ambon             125 gr à dipotong dadu                    Karbohidrat     : 21.63 gr        

Kurma                         25 gr à cincang kasar

Gula Merah                 30 gr à cincang halus

Jelly                             7,5 gr

Air Matang                  250 ml

Garam Secukupnya

 

CARA MEMBUAT :

Campur kelapa sangrai, kismis, kenari,  dan kurmaà sisihkan

Campurkan jelly dan gula merah, tambahkan air, aduk rata

Panaskan campuran jelly hingga mendidih

Setelah mendidih campurkan campuran jelly dengan campuran kelapa sangrai dan pisang dadu à aduk rata

Masukan kedalam wadah  persegià ratakan  à tunggu dingin.

Simpan dalam kulkas Potong memanjangkan

Sajikan dalam keadaan dingin


 

PUDING LAPIS BENECOL

Untuk 15 porsi / waktu persiapan 15 menit / waktu memasak 30 menit

BAHAN :                                                                   Nilai Gizi

Lapisan I                     :  ½ bks agar putih                   Kalori              : 48.45 kkal

                                       65 gr gula pasir                     Protein             : 1.1 gr

                                       400 ml air                             Lemak             : 0.28 gr

                                       50 gr Susu Low Fat             Karbohidrat     : 10.67 gr

                                       garam secukupnya

Lapisan II                    : ½ bks agar putih

                                      50 gr gula pasir

                                      200 ml air

                                      2 btl Benecol Rasa Black Currant

                                      garam secukupnya

 

CARA MEMBUAT:

Lapisan I:

Cairkan susu Low fat dengan sedikit air à sisihkan

Campur agar -agarair, gula pasir, garam

Masak hingga mendidih

Masukkan susu Low Fat

Tuang dalam cetakan

Lapisan II:

Campur agar-agar, gula pasir, air, garam

Masak sampai mendidih

Masukkan BENECOL BLACK CURRANT kedalam adonan agar-agar à aduk rata

Tuang dalam cetakan selapis demi selapis

 

Jakarta, Terapi perilaku dengan menanamkan kebiasaan berpikir positif dinilai paling manjur untuk membantu anak yang mengalami depresi. Efek dari terapi ini masih terlihat hingga bertahun-tahun mendatang, bahkan hingga remaja.

Dr David A Brent dari University of Pittsburgh Medical Center mengatakan pada umumnya pasien depresi anak yang sudah mendapat pengobatan akan mengalami kekambuhan dalam 2-3 tahun berikutnya. Karena itu saat ini penanganan difokuskan untuk mencegah depresi kambuh kembali.


Penelitian Dr Brent dilakukan pada 316 remaja berisiko depresi. Mereka semua sebelumnya pernah mengalami depresi yang diakibatkan oleh berbagai sebab termasuk kekerasan dalam rumah tangga, perceraian orang tua hingga masalah lainnya.

Penelitian mengungkap bahwa anak yang mendapat terapi perilaku memiliki risiko 36 persen lebih kecil terserang depresi. Mereka bisa melakukan fungsi sosialnya dengan normal dan sekolah atau bekerja karena sedikitnya hari-hari depresi yang mereka rasakan.

"Intervensi ini ternyata lebih efektif diberikan pada anak. Terapi perilaku membuat mereka bisa mencegah ketika gejala-gejala episode depresi muncul dan akibatnya, mereka bisa memiliki interaksi sosial yang lebih baik," tutur Dr Brent, dikutip dari Reuters, Rabu (7/10/2015).

Irwin Sandler, Direktur Prevention Research Center, Arizona State University, mengatakan bahwa terapi perilaku akan lebih efektif jika orang tua anak tidak mengalami depresi. Jika orang tua mengalami depresi, Sandler mengatakan akan lebih baik jika orang tuanya dahulu yang mendapatkan pengobatan.

Selain itu, terapi perilaku juga membuat anak mengenali emosi-emosi negatif dalam dirinya. Dengan begitu, anak akan memiliki interpretasi yang lebih baik tentang kejadian-kejadian dalam hidupnya dan dapat meloloskan diri dari depresi.

"Mengenalkan depresi pada pasien anak-anak memang baik. Hal ini membuat mereka yang pernah depresi berkurang kekambuhannya dan mereka yang memiliki risiko tidak meledak dan terjebak dalam depresi," pungkas Irwin

sumber : http://health.detik.com/read/2015/10/07/083318/3037817/1301/terapi-perilaku-paling-manjur-bantu-depresi-pada-anak?l991101755