Kateterisasi Jantung & Otak

 (Catheterization Laboratory)

 

Kateterisasi Jantung & Otak

Adalah suatu prosedur invasif minimal dibidang kedokteran Jantung dan Pembuluh Darah (Kardiovaskular) dengan cara memasukkan sebuah pipa plastik berukuran sangat halus (dikenal dengan istilah pipa kateter) ke dalam pembuluh darah manusia mulai dari pembuluh darah perifer hingga masuk ke dalam pembuluh darah jantung. Tindakan kateterisasi jantung dilakukan di dalam ruang kateterisasi yang dikenal dengan istilah “Catheterization Laboratory” ( disingkat dengan “Cath-Lab”).

 

Tindakan yang dapat di lakukan di Cath-Lab:

 

Tindakan kardiovaskular yang dapat dilakukan di Cath-lab dapat dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu tindakan diagnostik kardiovaskular invasif dan tindakan intervensi kardiovaskular invasive

   

 

Diagnosis Kardiovaskular Infasiv

 ·        Angiografi Koroner

tindakan menegakkan diagnosis adanya sumbatan pembuluh darah jantung yang meliputi anatomi, lokasi sumbatan, panjang sumbatan dan persentasi keparahan sumbatan.

·        Penyadapan Ruang Jantung

tindakan menegakkan diagnosis adanya kelainan rongga-rongga jantung dan pembuluh darah besar sekitarnya, meliputi kelainan anatomi, adanya kebocoran katup dan sekat jantung maupun pengukuran tekanan dan saturasi oksigen ruang jantung.

·        Arteriografi Vaskular

tindakan menegakkan diagnostik adanya kelainan seluruh pembuluh darah arteri manusia di luar jantung, meliputi pembuluh darah arteri otak, pembuluh darah arteri leher, pembuluh darah arteri di tungkai atas dan bawah, maupun pembuluh darah arteri ginjal dan hati.

  ·        Venografi Vaskular

 tindakan menegakkan diagnostik adanya kelainan seluruh pembuluh darah vena, meliputi pembuluh darah vena leher, pembuluh darah vena di tungkai atas dan bawah.

 

Intervensi Kardiovaskular Infasiv

 ·      Pemasangan ”Ring”/”Stent” pembuluh darah jantung (Percutaneous Coronary Intervension = PCI) baik secara emergensi (Primary PCI) maupun terjadwal/elektif (elective PCI).

·      Pemasangan Pacu Jantung (Cardiac Pacemaker) baik secara temporer (temporary pacemaker) maupun menetap (permanent pacemaker).

·      Pemasangan Koil jantung pada kondisi fistula koroner

·      Penarikan cairan dari selaput rongga jantung (“Pericardiocentesis”)

·    Pemasangan alat pada rongga jantung, seperti “Ballon Mitral valvuloplasty” (BMV), “Atrial Septal Occluder” (ASO), “Amplatzer Muscular VSD Occluder” (AMVO), “Left Atrial Appendage Closure” (LAA closure) dan lain lain.

 

Keunggulan Cath Lab

Sampai saat ini cath-lab merupakan pemeriksaan baku emas (gold standard) untuk menegakkan diagnostik kelainan sistem pembuluh darah kardiovaskular. Selain itu, tindakan intervensi invasif yang dilakukan di cath-lab bersifat invasif minimal yang artinya tidak memerlukan tindakan irisan bedah terbuka, tidak memerlukan bius umum, fase penyembuhan (recovery) lebih cepat, durasi perawatan pasca intervensi yang relatif lebih singkat dibanding operasi jantung terbuka